Dasar-dasar Pesawat Rontgen
- Tegangan Line
Tegangan line adalah tegangan atau catu daya yang mensupply suatu
alat/pesawat agar alat tsb dapat berfungsi. Tegangan Line dapat berupa
tegangan AC maupun DC. Tegangan Line AC pada umunya diperoleh dari
tegangan PLN
·
- Line Voltage Compensator.
Line Voltage Compensator (LVC) sering disebut juga Line Selector.
LVC ini berada pada rangkaian awal
dari power supply sebuah pesawat rontgen.
Tujuan LVC ini adalah mengatur agar tegangan yang masuk ke pesawat
Rontgen sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh pesawat itu sendiri.
Kadang tegangan supply yang dari PLN nilainya dapat kurang atau lebih
dari standar, maka LVC ini mengaturnya agar sesuai yang akan dikomsumsi
pesawat tsb. Line Selector pada umumnya diatur secara manual oleh
operatornya
·
- Auto Trafo (Automatic Transformer)
.
Auto trafo bentuknya hampir sama dengan biasa, namun pada trafo ini
jarang dijumpai adanya lilitan primer maupun sekundernya yang terpisah,
lilitannya hanya lilitan tunggal yang terlilit pada inti besi, namun
terdapat beberapa terminal pengaturan tegangan output.
·
- Transformator.
Transformtor biasanya orang menyingkatnya dengan kata trafo, gunannya
adalah untuk menaikkan atau menurunkan tegangan AC.
Pada hakekatnya trafo terdiri dari teras atau lempengan besi lunak yang
disusun rapat, lilitan primer dan lilitan sekunder.
Lilitan primer adalah gulungan /lilitan kawat tembaga yang dialiri arus /
tegangan yang masuk (input), sedangkan lilitan sekunder adalah gulungan
kawat tembaga yang mempunyai tegangan output setelah inputnya diberi
tegangan.
Kenaikkan/penurunan tegangan output sebanding dengan perbandingan jumlah
lilitan pada primer maupn sekunder.
·
- Tabung sinar x
Jenis tabung x dibedakan 2 jenis yaitu : Tabung rontgen degan anoda
putar (Rotating anode) dan tabung rontgen dengan anoda diam (Stationary
anode). Beberapa bagian yang terdapat pada tabung rontgen antara lain :
Katoda, Anoda, Rotor (berada diluar insert tube), Stator, Target (piring
anoda terbuat dari wolfram), Tangkai Molybdenum, Rumah tabung (tube
housing, Expansion diaphragma, Tombol pengaman (safety switch), Tube
windows( jendela tanung), Minyak pemdingin (olie trafo)
·
- Katoda
.
Merupakan tempat filamen yang terbuat dari kawat tungsten yang mempunyai
titik lebur tinggi. Pada filamen terjadi emisi elektron akibat
pemanasan filamen.
Emisi elektron artinya terlepasnya elektron dari atom-atom bahan filamen
tersebut (atom Wolfram) oleh karena panas yang terjadi pada filamen.
Banyaknya elektron bebas dapat terjadi pada permukaan filamen tergantung
pada pengaturan tegangan yang masuk ke filamen diatur melalui
pengaturan tahanan (Rheostat).
Disamping mempunyai kutub negatif, filamen juga dilengkapi alat pemusat
elektron (focusing cup) pada ujung filamen.
·
- Anoda
Merupakan sasaran (target) yang akan ditembaki oleh elektron,
dilengkapi dengan bidang focus (focal spot). Permukaan anoda membentuk
sudut dengan kemiringan 45 derajat. Kemiringan ini untuk mendapatkan
focus efektif agar sinar x yang keluar dari tabung dapat terarah.
Bahan anoda terbuat dari wolfram/tungsten, dg nomor atom 74 dan
mempunyai titik lebur 3360 derajat Celcius, mempunyai keuntungan sebagai
penghantar panas yang baik. Anoda ini juga berfungsi/merangkap sebagi
kutub positif.
· Tube Housing
Dinding bagian luar tabungdisebut rumah tabung ,erbuat dari metal,
bagian dalamnya terbuat dari lapisan timbal (Pb), Fungsi dinding ini
agar dapat menekan radiasi yang tidak dibutuhkan. Rumah tabung juga
dilengkapi sambungan kabel tegangan tinggi yaitu kabel dari HTT.
·
- Tombol (safety switch dan Expansion diaphragma)
Pada beberapa tabung dilengkapi juga dengan alat pengaman terhadap panas
yang berlebihan yang mungkin terjadi didalam tabung akibat proses
pembangkitan sinar x tersebut. Alat pangaman ini disebut safety switch
denganmemmanfaatkan alat membran yang terdapat pada expansion chamber).
·
- Windows (jendela tabung)
Pada bagian dimana sinar dapat keluar disebut poet (window) ditutup
dngan bahan yang terbuat dari kaca atau mika/plastik/acrylic yang
fungsinya disamping dapat melewatkan sinar x , juga dapat menahan minyak
trafo yang ada didalam tabung agar tidak dapat keluar.
- Dinding tabung
Dinding tabung insert ini terbuat dari gelas pyrex yang berfungsi untuk
menempatkan filamen dan target berada didalam ruangan hampa udara.
Keadaan hampa udara ini berfungsi agar elektron didalam tabung
dapatdikendalikan, Tabung kaca yang tinggi kevakumannya ini terendam
dalam minyak trfao. Minyak ini berfungsi sebagai bahan isolasi tegangan
tinggi dan juga sebagai pendingin tabung rontgen.
- Rotor
Berfungsi agar anoda dapat berputar sampai 8000-9000 rpm. Keuntungan
denga anoda putar antara lain pendinginan dpt lebih sempurna, target
elektron dapat berganti-ganti sehingga bisa awet.
Filter tabung sinar-X.
Pada jendela tabung Rontgen ditempatkan / dipasang filter sinar xl. Ada
2 macam filter, yaitu : a. Inhernt filter dan b. Additional filter.
- Inherent Filter.
Merupakan bahan-bahan yang dilalui sinar x setelah keluar dari target.
Inherent filter terdiri dari gelas/kaca (tabung sinar x, minyak trafo,
acrylic jendela tabung, seluruhnya setara dengan ketebalan dari 0,5 –
1,0 mm aluminium.
- Additional Filter (filter tambahan).
Untuk setiap pesawat perlu mendapat tambahan filter yakni 1,5 mm – 2,0
mm ketebalan aluminium yang gunanya untuk dapat menahan sinar-x yang
mempunyai panjang gelombang tertentu.
Untuk itu ada ketentuan-ketentuan (tabel tertentu) didalam penggunaan
filter tambahan ini sesuai dengan besarnya KV yang digunakan.
Tabung Rontgen bila digunakan harus mempergunakan alat yang dapat
mengarahkan dan membatasi lapangan penyinaran berupa collimator yang
dapat diatur besar/kecilnya luas bidang pemaparan.
- Persyaratan tabung sinar-X.
a. Terbuat dari Metalic dan pada bagian dalamnya dilapisi dengan timah
hitam/timbal sehingga tahan panas terhadap sinar-x (x-ray proof)
b. Dinding tabung tahan akan goncangan (shock proof)
c. Harus mempunyai bahan isolasi (minyak trafo) dan tahan terhadap tegangan tinggi.
d. Pada tabung terdapat socket yang berhubungan dengan ujung kabel tegangan tinggi untuk anoda dan katoda.
e. Mampu menerima panas (Anoda heat storage capacity).
0 komentar: